Minggu, 12 Mei 2013

Coretan Kecil Tentang cinta, takdir dan perbedaan

           Coretan Kecil Tentang cinta, takdir dan perbedaan..

Oleh : Armitha Widyanti
        
Memendamperasaan yang cukup lama, kira-kira 2 tahun. Awalnya yang aku bingung, apamaksud dari semuanya? Aku pikir ga mungkin kalo kita akan menjadi “kita”,tapiseiring berjalannya waktu, semua terjadi..
   Sekarang aku baru mengerti, semua yang menjadi tanda tanyabesar selama ini adalah sebuah perasaan.. Ya, bukan perasaan seperti biasanya.Aku suka dia? Mungkin..
Memang dari kecil aku bergaul dengan laki-laki, entah karenaadik kembarku laki-laki atau memang aku suka bermain dengan lelaki? Dari dulu,aku ga pernah punyamasalah temenan sama laki-laki, malah kalo lagi kumpul-kumpul ga adalaki-lakinya itu..sepi.

   Semenjak masuk SMP, aku kenal dengan seseorang. Entah kenapaaku selalu memperhatikannya,padahal aku belum begitu kenal sama laki-laki itu. Akankah dia jadi teman lelakikunanti? Semoga saja.. Kelihatanya dia baik, dan sedikit bawel, tingkahnya lucutapi ga lebay..
   Pada hari itu, saat aku bermanja-manja di kasur, handphoneku berdering-pasti sms dari dia-pikirku.. Aku salah,ternyata seseorang yang waktu itu aku lihat di sekolah- aku lupa kenapa dia tau nomor hp aku ._.-
Kita sering bercakap-cakap lewat sms, ternyata dia orangnyaasik. Tapi aku harus hati-hati, dia udah punya seseorang, aku juga. Akhirnyakami jadi teman saling bertukar pikiran, bercerita pasangan masing-masing,hingga akhirnya ada sesuatu yang aneh denganku.. Ngga mungkin kalo aku suka,dia teman aku.

   Ga kerasa, 1 tahun di smp udah aku lewati. Saat itu pembagiankelas. Ya, sistem pembagian di sekolahku tergantung nilai raport. Nilai di atas rata-rata masuk kelasprogram (katanya).  Kebetulan saat itu,aku dan teman sekelas waktukelas 7 masukkelas program. Dari situ banyak yang aku pikirkan,”Duh, anak-anak pinter semua nanti,duh takut ga bias belajar bener, duh takut keseret sama yanglain..” Dari semua yang aku pikirkan, ada 1 yang buat pikiranku tambahaneh. Ya, aku satu kelas sama dia. Iyadia.. Dia yang aku perhatikan 1 tahun lalu, YA ! -_-
   Sekarang waktunya aku masuk kelas program itu. Keliatan dariluar, wali kelas berjalan kearah pintu,dan membuka pintu kelas. Pas dibuka, oke yang pertama aku liat itu dia, dia lagi ._.Kenapa aku jadi gerogi ini? Apa lagi yang salah dari aku? Tambahnya lagi, akududuk di barisan paling depan DAN di dekat dia,dia dia lagi ._.    Yang aku suka,dia welcome banget orangnya, dan cenderung agak bawel. “De, de..!” begitulahpanggilan dia waktu smsan dan sekarang. Ragu-ragu, aku noleh sedikit kebelakang. Dia senyum. APA LAGI INI?Aku speechless disitu, ga bisangapangapain. Ya Tuhan aku kenapa ._.

   Aku terus berusaha “beradaptasi” dengan anak anak program.Jujur, kalo ngobrol dengan salah satu dari mereka aku canggung,apalagi sama..yasudahlah.. Untungnya aku udah lumayan deket sama anak laki-laki di kelas itukecuali dia.
Dipertengahan semester, tugas mulai numpuk dan untungnya tugaskelompok. Yang paling aku inget itu tugas drama dan kabaret. Ga mungkin kankalo drama sama kabaretanggota cewe semua, terkecuali sih.. Oke,mungkin udah takdir. Ada dia lagi.
   Aku sebenernya seneng kalo ada dia deket aku, jujur akungerasa nyaman. Tapi rasa nyaman itu buat aku takut juga, takut nyaman terlalunyaman, akhirnya jadi cinta. Aku harus konsisten dengan Al Qur’an ku, dia juga,dengan Al Kitabnya..
   Kalaupun aku sama dia bisa jadi “kita” mungkin bakal banyakbanget masalah, dan ngejalanin secara backsreet. Karena ya, kita bedakeyakinan. Tapi rasa itu terus tumbuh, karena kita terus bertemu dalam 1 kelas.Semenjak itu aku udah tau bahwa sebenernya dari dulu aku udah suka sama dia. Ya,aku suka dia, Tara. Waktuitu dia masih punya seseorang, dan aku juga. Aku gatau ini salah atau ngga. Akusuka seseorang padahal aku sendiri punya seseorang yang harusnya lebih berhakaku suka. Tapi ini perasaan aku, harus aku tahan.

   Dan selama ini yang buat aku takut jadi nyata.. Aku dan Tara menjadi “kita”. 5 Juli 2011. Kita laluinsemuanya sama sama. Kita maen bareng, kerja kelompok -secara masih sekelas-, dia main ke rumah,danbanyak lagi. Tapi galama dari itu kita ngeudahin semuanya, cuman seminggu. Aku ngerasa ada sesuatuyang ga enak. Dia gamau ngeudahin semuanya. Sebenernya hati kecil akupun gamau.Tapi apa mau dikata, nasi udah jadi bubur. Mungkin suatu saat kita bisa samasama lagi.

   Mulai dari saat itu, aku sama dia sama sama bingung, sakit,sedih, bimbang. Ga mungkin banget kalo salah satu dari kita pindah keyakinan.Masa depan kita masih panjang, tapi sulit buat kita lepas. Karena cinta, iya,cinta.
   Bumi bulat, waktu juga berputar, kapal berlayar pasti ketempat asalnya. Begitupunkisah aku sama Tara. Kitajadi lagi tanggal 2 Agustus 2012. Aku ga bisa nahan perasaan aku yang udahbener-bener nyaman dan butuh sosok seperti Tara. Walaupun temen-temen aku banyak yang kurangsetuju dengan hubungan kita.
Tapi akuyakin, semua pasti indah buat kita berdua,apapun itu yang terjadi.

   Aku baru ngerasaian apa itu nyaman, nyaman, nyaman banget samaseseorang yang banyak orang bilang pacar. Tara baik, perhatian, pinter, pinter alat musik. Bisadibilang semua yang aku mau ada sama Tara. Tapimasih ada 1 yang buat aku gelisah, iman kita yang beda. Kalo aku terus mikir halitu, yang ada dipikiran aku cumanputus,putus dan putus. Mungkin itu jalan terbaik. Tapi saat aku udah bilangsemua itu, aku ngerasa semuanya salah,aku salah. Semua orang punya harapanuntuk bahagia walaupun itu kecil. Aku coba pertahanin semuanya walaupunkemungkinan kita terus lama itu kecil bahkan ga ada.
   Kita terus jalani dengan apa yang ada, jalani dengan apa yangkita bisa lakukan. Kita jalan bersama, tetapi dengan jalan yang berbeda. Diasering ikut nemenin aku kalo ada acara sama temen-temen kaya buka bersama.Disini kita harus toleransi. Kalo gini caranya, perbedaan terasa indah, indahbanget. Beda lagi artinya kalo udah urusan cinta dan perpisahan.

   Sesuai dengan kepercayaannya, dia pergi ke Gerejasetiap hari Minggu. Setiap Minggu pagi aku pasti dan selalu terbayang masalahini lagi. Aku bingung kita kedepannya harus kaya gimana. Kita ga mau lepas,tapi takdir PASTI berkata lain. Minggu malam, aku duduk diatas sajadah kecildengan mukena putih sambil memegang Al Quran. Air mata yang sejak tadi akutahan akhirnya tumpah “Ya Allah, apa yangharus aku lakukan, tolong kasih jawaban secepatnya. Kalo emangkita harus satu, tolong hapus “beda”nya itu ya Allah :’). Kalo emang kita bukan untuk jadi satu, tolong jauhkan aku samadia, tolong temukan dia dengan yang lebih baik dan lebih pantasuntuk jadi satu sama Tara. Aku hanya takut jatuhterlalu dalam untuk mencintainya dan akhirnya tidak bisa bersama  :’)

   Keinginan kita dan kenyataan berbanding terbalik. Aku pengen numpahin semua emosi yang aku tahan.Aku ga ngerti apa arti semuanya. Ibu ga bolehtau masalah ini, karena kita dari awal udah ngambil hubungan diam-diam. Yangaku bisa lakukan hanya nangis, liat fotonya, menangis dan menangis. Ini yang akuga suka dari diri aku, kenapa aku jadi wanita lemah, lemah banget.

   Sampai akhirnya Allah memberikan aku jawaban. “Kita ga bisadeket lagi de, ortu aku udah ngelarang kita deket”. Aku bingung.Antara sedih, kesel, semuanya aku rasain disitu. Semua emosi yang aku tahandari mulai aku suka sama dia, aku tumpahin hari itu. Aku ga bisa bayangin apa apa, yang aku bayangin cumandia dan perasaan aku. Harusnya aku kuat, harusnya aku tegar. Aku sendiri yangminta jawaban dari Allah secepatnya, dan sekarang Allah memberikan jawabannya.Aku coba nenangin diri, aku gamau ibu tau. Aku coba senyum, ketawa ketawa samatemen temen, tapi hasilnya 0.5 % dari bayangan aku semula yang 10% aku bisa gasedih gara gara ini.
   Cobaan untuk lupain dia semakin nambah. ibu nanyain keadaan dia terus – Tara dan keluarga aku memang cukupdeket -, aku ga bisa berhentijadi stalker twitternya, ga bisa berentiliatin daftar teman yang on di fb, liatin fotonya, dengerin lagu lagu sedih.SALAH ! AKU TERLALU LEMAH ! Harusnya aku tetep senyum apapun keadaan yangterjadi sama aku. Aku harus ngerti kenapa dia milih jalan ini dan Allah kasihjalan ini sama aku. Aku ga boleh sayang sama orang yang salah. Allah ga ridhoinsemuanya terjadi sama aku, Allah gamau aku terus ngerasain sakit kalo semuanyaterus berjalan.Tapi aku cuman mau bertahan buat dia,dia itu Tara.
   Bener-bener sakit kalo perbedaan yangsebenernya itu kaya gini. Banyak banget pelajaran yang bisa aku ambil. Aku pengen perempuan lain jangan jadi seperti aku,semuanya terlalu sakit, sakit banget. Jangan sampe harapan kamu untuk bahagiabakal hancur cuman karena seseorang yang belum pasti buat kamu pergi ninggalinkamu, dan ga bakal pernah balik lagi buat kamu .Entah sampai kapan aku harus terus tahan rasa sayang inibuat Tara. Lepasin aja yang belum pasti, jaga yang membuatmu bahagia.Bahagia itu berharga walaupun cuman sedikit

"CINTAISESEORANG JANGAN TERLALU DALAM, JIKA DIA MENINGGALKANMU, RASANYA JUGA SAMADALEMNYA"



Regards,


A W
Terimakasih buat yang udah baca,maaf kalimatnya ga bener, cuman iseng dan still learning. Hehe ^^

0 komentar:

Posting Komentar